Video

Selasa, 28 Desember 2010

Tahap Membangun Bisnis Online



Bisnis Online akan semakin semarak di Indonesia dengan semakin tersedia dan murahnya akses internet. Yang menarik dari bisnis online ini adalah walau diawali dalam skala mikro tetapi dalam waktu singkat jika ‘booming’ akan berubah menjadi skala makrobisnis dan bersifat global. Bisnis online tidak lagi mengenal batas wilayah dan negara.

Lihat saja kalo ada acara diskusi di kantor, kampus, seminar, pelatihan, atau pd perkumpulan-perkumpulan profesi.Bisnis online sebuah tren baru dengan seiring berkembangnya internet. Internet memberikan keuntungan bagi para wirausahawan untuk menjual produknya. Untuk membangun sebuah bisnis online diperlukan beberapa tahap, pengumpulan data, perencanaan, dan lain sebagainya.

Satu hal yg istimewa di bisnis online, jika anda tidak punya ide sama sekali, sementara anda ingin berbisnis, maka internet bisa menunjukkan anda jalan keluarnya. Banyak website di Indonesia dan dunia yg bisa anda jadikan rujukan untuk mencari ide berbisnis.
Enaknya untuk mendapatkan ide tersebut kita bisa peroleh secara gratis. Misal lewat website google, amazon, forum milist bisnis di indonesia, Jejaring pertemanan seperti Facebook, dan masih buanyak lagi...!

Fase Pengumpulan Data

Kemampuan kita untuk menjalankan ide tersebut menjadi sebuah bisnis terkadang masih jadi kendala terbesar bagi orang Indonesia.
Anda bisa dapat ide bisnis dari pergaulan sehari-hari, melihat berita di media massa, atau mengikuti forum-forum diskusi, seminar, dsb.
Anda juga bisa dapat ide dari apa yg dibutuhkan orang saat ini. Ide juga bisa muncul dari hobi anda, keahlian anda, latar belakang pendidikan anda, atau minat anda terhadap suatu permasalahan.

Fase Perencanaan

Fase ini kita memulai membuat komponen - komponen yang dibutuhkan dalam bisnis online.face ini di rancang sedemikian rupa agar pengunjung tertarik

paling sulit dalam fase perencanaan ini adalah bagaimana menjalankan ide tersebut agar menjadi sebuah Bisnis Riil, bukan hanya sekedar “Rencana”. Karena yg kita bahas adalah masalah bisnis, tentu ide tersebut haruslah yg bisa menghasilkan duit.kita harus merencanakannya secara cermat dan tetap.

Riset di bisnis online berguna untuk mengetahui seberapa besar pangsa pasar produk anda. Atau produk affiliate anda.

contoh nya: Asyiknya, jika kita melakukan riset lewat google atau website analisa khusus, maka kita bisa tahu berapa ribu orang calon pencari produk kita dalam sebulan.

Karena setiap orang yg pergi ke internet banyak mengetikkan sesuau di google.com misalnya, maka secara otomatis robot google merekam topik apa yg banyak dicari orang dalam sebulan.
Jika kita sudah tahu seberapa banyak para pencari topik atau produk kita, maka kita akan yakin produk yg akan dijual bakal banyak peminatnya.

Kita juga akan tahu seberapa besar anggaran promosi yg akan kita keluarkan. Karena promosi yg kita keluarkan bakal menghasilkan keuntungan yg berlipat-lipat jika barang tersebut laris dibeli orang.

Fase Pra-Perancangan

kalo semua bahan-bahan penunjang sudah kita siapkan, maka tugas kita yg lain adalah membuat website (toko). Sebenarnya untuk Pemula, Buat blog juga boleh.
Ingat, website adalah identitas perusahaan kita. Segala transaksi bermula dari website kita. Kalo anda sudah punya website, anda boleh merasa seperti sudah punya perusahaan.

Fase Finishing

Setelah semua selesai, blog / website tempat kita berbisnis sudah bisa dipromosikan.Ada beberapa cara untuk memesan dalam bisnis online :- Via SMSPemesan dapat mengirim pesan kepada pemilik blog / web untuk memesan produknya.- Via TeleponPemesan menelpon penjual dan membicarakan bagaimana mekanismenya.- Via EmailCara ini pemesan mengirimkan email kepada pemilik blog / web, biasanya blog / web bisnis online (E-Commerce) menyediakan form pesanan, jadi pemesan tinggal mencantumkan biodata dan komentarnya dalam form tersebut

Tidak ada komentar:

Posting Komentar